Community Service: New Normal Period; Practice of the Healthy Living Movement at Darmajati II Orphanage, East Denpasar News and Activities

`

LATAR BELAKANG

Pandemi Covid19 menuntut kita untuk beradaptasi serta menjalani kebiasaan hidup baru dimana kita diharapkan dapat melakukan aktifitas sehari-hari berdampingan dengan virus Covid19, juga dalam kehidupan bermasyarakat. Sosialisasi norma baru terus dilakukan oleh segenap komponen bangsa untuk mengedukasi masyarakat agar bisa dimplementasikan sesuai peran, fungsi dan aktivitas di masyarakat.

Anak-anak adalah kelompok rentan dan memiliki hak yang sama atas keberlangsungan hidupnya, termasuk anak-anak yang tinggal di panti asuhan. Panti asuhan adalah suatu lembaga kesejahteraan sosial yang didirikan secara sengaja oleh pemerintah atau masyarakat yang bertanggung jawab dalam melakukan pelayanan, penyantunan dan pengentasan anak terlantar dan memiliki fungsi sebagai pengganti peranan orang tua dalam memenuhi kebutuhan mental dan sosial pada anak asuh agar mereka memiliki kesempatan yang luas untuk mengalami pertumbuhan fisik dan mengembangkan pemikiran hingga ia mencapai tingkat kedewasaan yang matang dan mampu melaksanakan peranan-perannya sebagai individu dan warga negara didalam kehidupan bermasyarakat. Termasuk mendapatkan update informasi yang berdampak langsung terhadap kesehatannya, yaitu kebiasaan hidup bersih dan sehat dalam ruang lingkup lingkungannya

Pemerintah mencanangkan Gerakan Masyarakat Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di era new normal yang didefinisikan semua perilaku kesehatan yang dilakukan atas kesadaran sehingga anggota keluarga atau keluarga dapat menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan kesehatan di masyarakat. PHBS penting agar kita dapat setiap anggota keluarga dapat hidup sehat dan tidak mudah sakit. Sosialisasi norma baru terus dilakukan oleh segenap komponen bangsa untuk mengedukasi masyarakat agar bisa dimplementasikan sesuai peran, fungsi dan aktivitas di masyarakat.

Untuk itu, dalam rangka mengimplementasikan salah satu pelaksanaan Tri Darma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat di masa pandemic covid19, Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran Universitas Udayana mengadakan kegiatan “sosialisasi masa new normal ; Praktek Gerakan Hidup Sehat di Panti Asuhan Darmajati II Denpasar Timur.

TUJUAN DAN MANFAAT

Terselenggaranya kegiatan pengabdian masyarakat dengan melibatkan civitas akademika S3 Ilmu Kedokteran Universitas Udayana (dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan). Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pengurus panti dan anak-anak di Panti asuhan Darmajati II Denpasar antara lain:

Meningkatkan pemahaman pengurus panti dan anak-anak mengenai karakteristik virus Covid19, cara penyebaran, cara pencegahan, cara mengidentifikasi kasus, dan bagaimana melakukan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.

Meningkatnya pemahaman pengurus panti dan anak-anak akan pentingnya perilaku hidup sehat dalam aktivitas sehari-hari untuk meningkatkan pencegahan, perlindungan diri dan oranglain di masyarakat.

WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN KEGIATAN

Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 20 Maret 2021, pukul 11.00 – selesai, di Panti asuhan Darmajati II, jalan Trengguli No. 80 Pinatih Denpasar Timur.

PESERTA KEGIATAN

Terkait penerapan protokol kesehatan dan prinsip menjaga jarak, kegiatan diikuti oleh sekitar 15 anak panti, satu pengurus dan 10 orang dari Prodi S3 Ilmu Kedokteran (dosen dan mahasiswa).

BENTUK DAN RANGKAIAN KEGIATAN

Kegiatan dilaksanakan dengan tatap muka menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan demonstrasi terkait materi New normal covid19, Pola Hidup Bersih dan Sehat. Berikut rangkaian kegiatannya;

  • Kegiatan diawali dengan pembukaan (sambutan dari pemimpin Panti dan Ketua Prodi S3 Kedokteran; Prof Dr. I Made Jawi, M.Kes);
  • Penyerahan bantuan secara simbolis dari prodi S3 Ilmu Kedokteran kepada Ketua Yayasan Panti asuhan Darmajati II Denpasar.

 

  • Penyampaian materi oleh dr. Artha Camelia, dengan topik Covid 19, Pola Hidup Bersih dan Sehat;
  • Gerak dan Lagu (Senam ceria) oleh mahasiswa dan seluruh peserta.

 

  • Tebak kuis untuk peran aktif peserta oleh mahasiswa prodi S3 Ilmu Kedokteran

 

  • Doa dan Penutup

PENDANAAN KEGIATAN

Kegiatan ini menggunakan dana yang bersumber dari partisipasi mahasiswa S3 Ilmu Kedokteran Angkatan tahun 2019, dana Prodi S3 Ilmu Kedokteran dan sponsor.

EVALUASI KEGIATAN

Secara umum kegiatan berjalan lancar sesaui dengan tujuan dan rencana. Partisipasi dari masyarakat sangat tinggi dilihat dari jumlah kehadiran, keseriusan mengikuti kegiatan, keaktifan bertanya dan merencanakan kegiatan lanjutan. Tidak ada kendala serius yang mengganggu kegiatan.

OUTPUT KEGIATAN

Output dari kegiatan ini adalah laporan kegiatan dan dokumentasi kegiatan dalam bentuk foto kegiatan terlampir

KESIMPULAN DAN SARAN

Kegiatan pengabdian telah terlaksana dengan lancar dan diharapkan kegiatan dapat terlaksana secara kontinyu sehingga kesadaran masyarakat tentang penerapan perilaku hidup bersih dan sehat di era new normal meningkat.